Published On: Sun, Oct 2nd, 2016

Wisata Pantai ParangTritis Sangat Memukau dan Menakjubkan

Tempat Wisata Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata yang terbaik untuk menikmati sunset sambil having fun. Kamu dapat menaklukkan gundukan pasir yang luas sekali dengan menggunakan ATV (All-terrain Vechile). Selain itu kamu juga dapat menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis. Lokasi tempat wisata Pantai Parangtritis tersebut terletak 27 km selatan Kota Jogja.

Selain rutenya yang mudah untuk dicapai, fasilitas transportasi umumpun yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi. Ketika sore hari saat-saat matahari terbenam merupakan moment terindah untuk mengunjungi pantai paling terkenal tersebut. Akan tetapi, jika kamu tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari tempat tersebut kamu bisa melihat seluruh Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Parangtritis tersebut berhubungan dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan berada di pantau tersebut. Selain pantai ternyata di sebelah timur tebing yang berada di pantai tersebut telah tersembunyi sebuah reruntuhan candi. Candi tersebut memiliki perbedaan dengan candi-candi lainnya yang terletak di daerah pegunungan.

Candi tersebut benama candi Gembirawati lokasinya hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Jika kamu ingin menuju candi tersebut, maka kamu dapat melewati jalan menanjak yang berada di dekatnya Hotel Queen of the South. Dari jalan tersebut kamu bisa masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar dengan jarak kurang lebih sekitar 100 meter. Hiasan berupa sayup-sayup gemuruh ombak laut selatan yang ganas sangat terdengar jelas dari candi tersebut.

Pada Wisata Pantai Parangtritis ini ketika matahari telah condong ke barat diatambah dengan cuaca cerah, maka kamu akan melihat keindahan alam. Yaitu berupa proses matahari tenggelam yang begitu manawan bagaikan pantai Kuta di Bali. Akan tetapi sesuai aturan dari pengelola bahwa pengunjung dilarang berenang di pantai tersebut.
Dengan menyusuri permukaan pasir yang mulus yang disapu ombak merupakan pemandangan yang tak kalah menyenangkan. Kamu dapat menyusuri pantai hingga ke ujung timurnya, yaitu berupa tempat gugusan karang begitu indah. Tempat tersebut juga sering dijadikan spot untuk pemotretan foto pre-wedding. Pemilihan tersebut didasarkan karena ditempat ini begitu mempesona dengan nuansa senja yang remang-remang. Ditambah dengan bayangan matahari kuning keemasan pada permukaan air makin membangkitkan saat-saat romantis.
Disisi lainnya Pantai tersebut juga memfasilitasi bagi mereka yang berwisata bersama keluarga. Seperti yang ingin bermain layang-layang bersama dengan si kecil juga tak kalah menyenangkannya. Karena angin laut yang bertiup kencang sangat membantu membuat layang-layang terbang tinggi sekali dan stabil.terlebih jika kamu belum pernah bermain layang-layang sekalipun, kamu akan bisa memainkannya.
Untuk nuansa malam harinya di Pantai ini juga sangat ramai pengunjung. Beberapa penjual jagung bakar menggelar tikar di pinggir pantai berderetan untuk berjualan. Dan kamu bisa nongkrong di sana hingga larut malam sambil menikmati obak malam hari. Apabila kamu ingin menginap disana, maka kamu bisa masuk puluhan losmen yang telah tersedia. Atau di penginapan dengan harga yang terjangkau sesuai isi dengan kantong kamu.

Kelebihannya yang terakhir dari Pantai tersebut, adalah sebagai daya tarik tersendiri bagi para fotografer untuk berburu foto. Lebih-lebih ketika pada musim tertentu ketika sunset begitu dramatis. Suasana yang menghasilkan pantulan di tepi pantai tersebut akan basah oleh ombak. Demikianlah sedikit informasi tentang Wisata Pantai Parangtritis semoga bermanfaat.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-