Published On: Tue, Oct 18th, 2016

Wisata Alam Ranca Upas Ciwidey Bandung

Tempat wisata alam Indonesia memang beraneka ragam, termasuk yang ada di kota Bandung, tepatnya di wisata alam Ranca Upas Ciwidey. Menghadirkan aroma alam seperti penangkaran rusa sampai dengan oleh-oleh khas Bandung. Bagi pecinta alam, alangkah baiknya bila mengutamakan dan menyuburkan tempat wisata yang dimiliki negara seribu pulau ini.

Tempat wisata alam Ranca Upas Ciwidey merupakan bagian dari Kota Bandung. Tempat tersebut berjarak 50 km dari selatan kota Bandung. Untuk menuju tempat wisata tersebut bisa membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan ketentuan melewati jalan selatan Bandung-Soreang-Ciwidey. Bisa juga menempuh perjalanan lewat terminal bus Leuwipanjang dengan rute ke Ciwidey. Setelah sampai, bisa menggunakan angkot untuk menuju Ranca Upas, tempat wisata alam yang akan dituju.

Aktivitas Perkemahan di Ranca Upas Ciwidey

Bagi yang ingin menikmati hidup berkemah di alam bersama suguhan menarik tempat wisata alam maka Ranca Upas Ciwidey adalah tempat yang tepat. Tempat wisata alam ini merupakan bumi perkemahan yang dilengkapi dengan aktiviats seru outdoor seperti war games, ATV, dan kolam renang air hangat. Tentunya sambil menikmati tingkah para rusa. Sepertinya, seumuran anak-anak pantas untuk merasakan sensasi alam Ranca Upas Ciwidey agar mereka akrab dengan suasana alam yang patut dijaga kelestariannya.

Menikmati tempat wisata alam sesungguhnya adalah membangun hunian baru pengganti rumah atau bisa dikatakan membangun perkemahan, tenda hunian. Sangat senang sekali bila sampai melakukan perkumpulan bersama orang terdekat di tenda perkemahan Ranca Upas Ciwidey karena akan lebih terasa dekat dengan alam.

Bila tidak membawa tenda atau perlengkapan perkemahan, tidak perlu khawatir, tersedia juga penyewaan perlengkapan tenda bahkan sampai penjualan kayu bakar untuk menikmati sensasi api unggun malam hari. Tentunya, beragam aktifitas bisa kamu nikmati seperti pergi ke danau di pagi hari menggunakan kano, trekking, paint ball, dan sebagainya.

Rusa Jawa di Ranca Upas Ciwidey

Pergaulan bukan hanya dengan manusia. Bisa juga dengan hewan dengan batas yang aman. Memperkenalkan hewan pada anak-anak adalah hal penting untuk mempelajari tingkah hewan dan mengingatkan bahwa manusia dan hewan/binatang hidup serasi, saling melengkapi. Bisa berkenalan dan mempelajari hewan Rusa Jawa yang berada di balai konvervasi penangkaran Rusa Jawa atau disebut Cervus Timorensis. Di balai ini yang seluas 5 hektar, Rusa dipelihara sesuai habitatnya yang berada di alam bebas. Anak-anak bisa belajar bagaimana memberi makan sayur dan wortel.

Konon, Rusa Jawa terlihat cantik. Apa iya? Cantik dalam arti kemasannya walaupun berjenis kelamin jantan. Rusa Jawa memiliki warna cokelat kemerah-merahan di area tubuh, sedangkan warna terang diarea leher. Menarik bukan untuk dijadikan foto kenangan?

Oleh-Oleh dari Ciwidey

Ciwidey memiliki perkebunan strawberry sehingga penduduk sekitar banyak yang memanfaatkan buah ini untuk dibuat dodol, dodol strawberrry. Dodol ini bisa menjadi buah tangan alias oleh-oleh setelah selesai beraktifitas menikmati wisata alam di Ciwidey. Bagi yang ingin menikmati dodol strowberrry, tentunya bisa mendapatkan dengan mudah di Ciwidey.

Hotel di Sekitar Ciwidey

Menikmati tempat wisata alam Ranca Upas Ciwidey tidak selalu memanfaatkan tenda untuk menghuni. Bagi yang tidak memungkinkan atau memang tidak menyukai berkemah, entah karena banyak rombongan atau sedang menikmati bulan madu, bisa memanfaatkan fasilitas hotel yang tersedia di area Ciwidey. Tentunya, bagi kalangan yang memiliki kantong tebal dalam membayar sewa kamar hotel yang terbilang mahal per malamnya. Bagi kalangan bawah, berkantong tipis, sepertinya hotel bukan hunian terbaik.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-