Published On: Thu, Feb 2nd, 2017

UNTUNG SENDIRI

TanganMu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintahperintahMu” (Mazmur 119:73)

Kenapa ada sekolah ya di dunia ini? Apakah belajar sendiri tidak cukup membuat orang pintar? Ternyata bukan hanya sekedar membuat orang pintar, dari yang tidak berpengetahuan jadi berpengetahuan. Saat ini sekolah di Indonesia tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan secara teori tapi juga tentang ahlak, karakter, dan budi pekerti. Kalau hanya pintar, tidak jadi jaminan seseorang akan berhasil dalam hidupnya. Ada hal-hal penting lainnya yang merupakan pelengkap yang membangun dan membentuk seseorang menjadi manusia yang berguna dan berdampak positif bagi sekitarnya.

4.1.1

Sekolah bayi, pra play group, play group, TK, SD, SMP, SMU, dan sekolah tinggi dirancang dengan sistem yang membuat kita semakin menanjak dalam kemandirian dan kedewasaan. Tidak sedikit orang tua yang punya anak batita rasanya keburu ingin anaknya bersekolah agar bisa mempunyai teman, bisa bersosialisasi, bisa berkomunikasi dengan lebih cepat dan lancar; karena kalau tidak demikian seolah-olah hanya anaknya yang dirasa kurang pintar.

Ada nilai yang penting dalam bersekolah, yaitu penanaman kedisiplinan sejak dini. Jadwal dan aturan yang ditetapkan dan harus diikuti oleh semua siswa, dan ini melatih orang untuk kelak bisa mengatur dirinya sendiri dengan baik. DISIPLIN adalah salah satu kata penting dalam kehidupan. Untuk menjadi sukses dibutuhkan niat untuk membuat diri sendiri berdisiplin. Tentunya hal ini dimaksudkan demi kebaikan.

Disiplin rohani juga harus kita terapkan dalam hidup pribadi kita agar kita merasakan keuntungan bagi diri sendiri, dan sudah pasti akan menjadi berkat bagi yang lain. Oleh karena itu, marilah kita menerapkan nilai-nilai yang baik dan membangun untuk diri sendiri. Jangan lupa untuk senantiasa berdisiplin dalam membangun kedekatan kita dengan Tuhan melalui pembacaan firman, ibadah, dan doa kita agar hidup kita berkemenangan.

source

About the Author

-