Published On: Thu, Oct 27th, 2016

Tips Agar Jantung Sehat Selalu Seumur Hidup

Bagaimana agar jantung sehat selalu sepanjang hidup kamu? Sebenarnya tips jantung sehat sangatlah mudah. Yang menjadi sulit adalah kontinyu menjalankan aktifitas sehat untuk jantung serta menghindari hal-hal yang memperburuk kesehatannya.

Mungkin kamu menginginkan sebuah tips jantung sehat namun bisa menerapkannya dengan maksimal. Untuk itu, di sini porisradio.com akan mencoba menjelaskan hal yang kamu inginkan. Sebelum menjelaskan, ada hal penting yang harus dijawab, “memilih agar jantung sehat atau berpenyakit?” Tidak ada yang memilih agar jantung berpenyakit, termasuk kamu pun tidak menginginkan hal itu bukan?

Jantung menurut hasil penelitian menyatakan bahwa jantung berdetak sebelum terciptanya otak. Artinya apa? Ternyata inti dari sebuah kehidupan adalah ada pada jantung. Ketika orang mengalami keadaan mati, namun masih ada detak jantung, pertanda orang tersebut masih hidup. Ini artinya bahwa menjaga agar jantung sehat adalah inti dalam menjaga hidup kamu.

Bagaimana tips agar jantung kamu sehat selalu? Tips yang akan dijelaskan di sini memang mudah. Kamu pun mungkin sudah tahu walaupun masih sulit menerapkannya. Namun barangkali saja dengan membaca lagi di sini, kamu bisa menerapkan tips jantung sehat yang sudah kamu dapatkan.

jantung-sehatLarangan Bagi Pecinta Jantung Sehat

Berikut larangan yang bisa kamu lakukan agar jantung sehat selalu sepanjang hidup kamu:

1. Stop Merokok

Serangan jantung bisa terjadi pada perokok, termasuk adalah perokok pasif. Aktif maupun pasif, sama saja. Agar tidak jadi perokok pasif, memang perlu menghindari dari para perokok. Spesial untuk para pecandu rokok, awalnya kebanyakan tidak menyukai rokok tetapi sekarang kog suka merokok? Solusi terbaik tentu mengembalikan ke kondisi awal ketika belum pernah merokok. Menghentikan merokok memang sulit. Caranya adalah: isaplah rokok tanpa harus dinyalakan.

2. Batasi Konsumsi Garam

Tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena mengkonsumsi garam berlebih. Solusinya tentu mengurangi hobi memakan-makanan yang terasa asin dan jangan menjadikan garam sebagai teman makan kamu. Sering melakukan pengeluaran keringat lewat aktifitas adalah jalan pengurangannya namun jangan berlebihan

3. Stop Dari Alkohol

Minuman beralkohol mampu merusak otot jantung kamu. Bagi orang yang sudah terkena candu alkohol, memang sulit sekali menghindar. Apalagi harga minuman memabokkan ini berharga mahal per botolnya sehingga kecanduan bisa menyebabkan kesulitan keuangan. Hal terbaik adalah melakukan perawatan secara khusus lewat dokter yang menangani pecandu alkohol.

Anjuran Bagi Pecinta Jantung Sehat

Bukan hal larangan saja yang perlu dilakukan, melainkan anjuran. Tanpa menjalankan anjuran, otomatis adalah pelarangan itu sendiri. Artinya dilarang untuk tidak menjalankan anjuran. Berikut langkah anjurannya:

1. Berolahraga Teratur

Sempat-sempatkan diri kamu untuk berolahraga setengah jam per hari. Kamu bisa menjalankan aktifitas olahraga 3-4 kali dalam seminggu. Tidak dianjurkan untuk setiap hari, karena demi mengistirahatkan jantung itu sendiri. Olahraga terbaik adalah yang berfokus pada pengolahan nafas seperti joging, jalan kaki, senam aerobik dan sebagainya. Hal ini untuk menguatkan organ jantung.

2. Seringlah Tertawa Dan Tersenyum

Tertawa dan tersenyum adalah bagian dari terapi agar jantung sehat. Memang tidak mudah untuk sering tertawa bila tidak ada objek untuk tertawa. Maka langkah terbaik adalah mengusahakan untuk sengaja tertawa sebagai terapi. Memang sulit, tetapi setidaknya ada kontraksi otot ketika tertawa.

3. Luangkan Waktu Untuk Rekreasi

Manusia selalu dihadapi rutinitas yang sering membuat stress atau capek. Tekanan rutinitas kerja atau belajar membuat jantung pun ikut tertekan. Maka dari itu manfaatkan hari libur untuk mengendurkan syaraf tegang dan menenangkan pikiran. Bila sulit untuk meluangkan waktu tiap minggu untuk relaksasi atau merasa kurang maksimal hasilnya, bisa diatasi dengan mendengarkan audio brainwave alfa-theta.

4. Konsumsi Buah Dan Sayur-Sayuran Tiap Hari

Buah-buhan dan sayuran khususnya bayam dan alpukat berkhasiat untuk menjaga agar jantung sehat selalu sepanjang hidup. Pada intinya adalah mengkonsumsi makanan yang memenuhi “4 sehat 5 sempurna”.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-