Published On: Wed, Feb 8th, 2017

Spesial Wisata Kuliner Bandung Yang Paling Populer

loading...

Kali ini membahas <strong>wisata kulinerstrong> yang memang sebagai khas Bandung dan yang paling populer di bandung. Bandung, konon dikenal dengan surganya kuliner. Memangnya derah lain surganya apa?

Memang sebuah klaim tertentu atas sesuatu objek biasanya hanya sekedar ucapan dari mulut ke mulut yang akhirnya menjadi populer. Seperti halnya Jogja dijuliki kota budaya padahal Bandung sendiri kaya kreatifitas budaya. Begitu juga dengan kuliner, masing-masing memiliki surga kulinernya sendiri. Tiap daerah memiliki ciri khas kuliner dengan berbagai kekayaannya. Sehingga klaim bahwa Bandung surga kuliner, masih perlu dikaji lagi.

Wisata kuliner memang menarik untuk dibahas dan tidak ada habis-habisnya untuk dibahas. Kuliner yang termasuk dalam ranah seni dalam hal seni kuliner memungkinkan muncul kreasi seni kuliner setiap waktu tanpa henti.Ketika hasil kreatifitas seni kuliner diakui maka bisa menjadi icon atau ciri khas kuliner atas suatu daerah.

loading...

Walaupun masih diragukan klaim bahwa Bandung adalah “Surga Kuliner”, namun faktanya banyak sekali kuliner khas atau klaim khas Bandung. Maka dari itu, pembahasan wisata kuliner kali ini akan membahas makanan yang berasal dari Bandung yang paling dicari, diminati, pupuler atau kata lainnya.

  1. Batagor Bandung

Batagor sebenarnya adalah jelmaan baru dari siomai. Nyaris tidak ada bedanya antara siomai dengan batagor. Hanya saja batagor ada proses selanjutnya yakni penggorengan. Batagor singkatan dari ‘baso tahu digoreng’ yakni butiran yang terbuat dari tepung tapioka (tepung aci) dan juga tahu. Ada batagor yang butiran bakso dan tahunya dipisah dan ada yang disatukan. Bumbunya pun terbuat dari kacang tanah, sama persis seperti bumbu untuk siomai.

Batagor salah satu kekayaan kuliner nusantara mengingat makanan yang satu ini sudah tersebar di banyak wilayah Jawa Barat. Batagor memang bukan menu makanan harian ibu rumah tangga, melainkan produk jajanan pelaku usaha.

GAMBAR-1

 

  1. Mi Yamin Bandung

Mi Yamin Bandung adalah mi ayam yang banyak beredar di kawasan Jawa Barat. Tidak ada bedanya antara mi ayam yamin dengan mi ayam biasa. Hanya saja mi untuk mi ayam yamin lebih tipis-tipis sehingga layak dicari banyak orang mengingat mi yang cenderung lebih enak untuk dimakan. Ada beberapa mi ayam yamin yang memang sudah umum juga yakni mi ayam ceker, mi ayam pangsit, mi ayam bakso dan sebagainya. Namun ada pelaku usaha yang memang menggabungkan antara daging ayam, ceker, pangsit dan juga bakso. Hm… tentu saja variasi campuranyang ada pada mi ayam yamin akan semakin laku.

GAMBAR-2

 

  1. Perkedel Bondon

Ciri khas kuliner perkedel memang bisa membuat kamu pusing, sepertinya. Ada perkedel yang bahan utamanya terbuat dari kentang, terbuat dari tempe, variasi campuran dan sebagainya. Bisa jadi perkedel bondon terbuat dari kentang. Apa sih makna perkedel untuk membatasi kuliner makanan yang disebut perkedel? Tidak ada sepertinya. Namun bisa dikatakan adalah bulatan bahan kentang atau tempe yang digoreng yang bertujuan untuk lauk-pauk.

Dikatakan perkedel bondon adalah karena dijual saat para bondon bekerja. Ciri khas perkedel bondon dari perkedel lainnya adalah garing diluar dan lembut di dalam. Bisa kebayang bukan bagaimana lidah ketika mengunyah perkedel ini?

GAMBAR-3

 

  1. Nasi Kalong

Mengapa kuliner ini disebut nasi kalong? Entahlah, yang jelas adalah hidangan nasi beserta lauk-pauknya. Yang menjadi daya tarik untuk para pelanggan bahkan sampai artis-artis pun menikmati adalah hidangan nasi merahnya. Nasi merah memang digemari para pengagum body langsing termasuk artis. Jelas lah, beras merah memang tidak memiliki gula sehingga pecinta body akan melirik makanan ini. Bukan itu saja, kemasan atau tampilan penyajian kuliner ini memang menarik sekelas elit. Mahal memang walapun enak. Soal lauk-pauk sebagai pendamping nasi terbilang sederhana, seperti daging, tempe bacem, gorengan dan sayur terpilih yakni buncis.

loading...

GAMBAR-4

About the Author

-