Published On: Thu, Jan 26th, 2017

Pengalaman Iman Mengatasi Ketakutan

Baca: Matius 8:2334

Bertolak ke seberang, daerah orang Gadara, membawa para murid Yesus mengadakan dua pengalaman iman. Pertama, Yesus berkuasa atas angin ribut dan gelombang yang menakutkan. Kedua, menyembuhkan dan membebaskan orang yang kerasukan setan.

Kuasa Yesus tidak hanya dinyatakan di tengah-tengah kaum Israel, tetapi juga di wilayah seberang maupun di daerah lain. Ia tidak hanya menyembuhkan penyakit dan kelemahan, tetapi juga berkuasa atas alam dan setan. Perhatikan bahwa Yesus tidur dengan nyenyak saat perahu terombang-ambing oleh badai. Kondisi tersebut membuat para murid-Nya ketakutan. Dengan sabar Yesus membawa para murid-Nya menghadapi rasa takut, yaitu saat mereka mengira bahwa perahu tersebut akan karam oleh gelombang amukan gelombang danau. Di sini kita melihat bagaimana iman para murid Yesus bertumbuh melalui pengalaman. Ketakjuban melewati pengalaman itu menjadi pelajaran berharga bagi para murid Yesus.

kasih

Memang dunia yang kita tinggal ini bukanlah tempat yang aman dan ideal. Kuasa alam, setan, penyakit, kejahatan dapat merusak dan membinasakan hidup manusia. Namun, pengalaman iman bersama Yesus membuat hati para murid semakin yakin bahwa Tuhan Yesus itu Mahakuasa. Angin ribut dan gelombang tunduk pada diperintah-Nya. Kehadiran-Nya sudah membuat setan-setan meninggalkan orang yang dirasukinya.

Saat bersama Yesus, apakah pada saat ketakutan atau pun ketiadaan iman, datanglah kepada-Nya dan mintalah pertolongan Yesus, maka kuasa-Nya akan membuat kita takjub. Karena itu, pengalaman iman menjadi dasar terpenting bagi para murid Yesus untuk merumuskan pengakuan mereka mengenai siapakah Yesus itu.

Mari kita renungkan berapa banyak pengalaman iman saat kita berjalan bersama Yesus. Catatlah ada berapa banyak kasih karunia dan pertolongan-Nya dalam kehidupan kita. Karena itulah, kita patut mendoakan orangorang yang sedang dalam kesulitan dan membutuhkan pertolongan Allah agar mereka mengalami Allah dalam hidup mereka. [YTP]

About the Author

-