Published On: Mon, Dec 5th, 2016

Peluang Usaha Kecil Yang Menguntungkan di Sekitar Kampus

Peluang Usaha Kecil Yang Menguntungkan adalah salah satu hal yang jarang di perhatikan. Perkembangan yang terjadi pada lingkup nasional khususnya sudah barang tentu akan berpengaruh secara menyeluruh terhadap sistem yang terdapat didalamnya. Mulai dari sektor pendidikan, ekonomi sosial dan budaya, semua terjadi perubahan yang signifikan. Sehingga menuntut seluruh masyarakat untuk berkembang mengikuti setiap perubahan yang terjadi atau malah memilih berdiam diri dalam arus perubahan yang dampaknya akan membuat stagnan.

Dalam arus perubahan yang terjadi akan menimbulkan banyak hal yang memaksa kamu untuk mengubah pola pikir dan selalu menganalisa kondisi dengan maksud untuk mencari peluang dalam usaha mempertahankan dan mempertinggi kualitas hidup. ini adalah sebuah keharusan yang tidak dapat diacuhkan ataupun di pungkiri. Jika kamu perhatikan, kini dalam sektor pendidikan terutama kampus, terjadi perkembangan terutama dalam hal kuantitas.

kantin-kampus_opt

Meningkatnya jumlah peminat menempuh pendidikan perkuliahan dilatar belakangi keinginan untuk meningkatkan kualitas diri dan hidup. Jika kamu jeli dalam melihat peluang, sebenarnya ada peluang besar dengan adanya perubahan ini. Dengan meningkatnya jumlah mahasiswa pada setiap kampus dan mayoritas dari luar daerah kampus tersebut, dalam menjalani kehidupan tentu mereka akan mencari kebutuhan hidupnya tidak jauh dari wilayah kampus.

Ini adalah kesempatan kamu untuk memanfaatkan peluang usaha kecil yang menguntungkan. Ini adalah peluang yang masih sedikit sekali orang memperhatikan. Dengan memanfaatkan peluang ini kamu dapat meningkatkan taraf hidup dalam hal keuangan. Sebagai tahap awal, kamu tidak perlu memiliki modal yang banyak atau langsung mendirikan usaha yang besar. Mulailah dengan usaha kecil yang menjanjikan sehingga hal ini dapat meminimalkan kemungkinan bangkrut.

Sebenarnya seberapapun besar atau kecilnya usaha kamu tidak akan menjadi masalah, asalkan kamu dapat membaca pangsa pasar. Kamu harus mengidentifikasi dahulu apa yang menjadi kebutuhan dan kesukaan mahasiwa. Dalam bahasa wirausaha adalah kamu harus melakukan analisis SWOT. Kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman. Dengan melakukan analisis ini maka usaha kamu akan lebih tepat sasaran dan kecil kemungkinan untuk merugi.

Menganalisa kekuatan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan pasar, disini pasar adalah mahasiswa. Pada umumnya kebutuhan mahasiswa adalah makan, snack ringan, jasa foto copy, print, percetakan dan lain-lain. Dan kamu harus mampu juga menganalisa diri sendiri. Dengan adanya pilihan tersebut, apa yang dapat kamu jalankan dan merupakan kelebihan dari diri kamu.

Selain menganalisa kekuatan, kamu juga perlu menganalisa kelemahan dari produk yang akan kamu tawarkan. Sehingga kamu dapat menentukan langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Apabila kamu dapat mengetahui kelemahan kamu sendiri maka kamu akan dapat memperkuat kekuatan dari usaha kamu. Karena dengan begitu langkah-langkah yang kamu ambil akan penuh dengan pertimbangan.

Selanjutnya adalah peluang. Ini juga perlu kamu baca pada lingkungan sekitar kampus. Menganalisa peluang ini adalah proses selanjutnya setelah mencari informasi pilihan usaha yang dapat kamu jalankan. Dengan melihat usaha apa yang belum ada atau mungkin masih sedikit, maka usaha kamu akan lebih menjanjikan. Karena terlalu banyak pesaing akan lebih banyak kemungkinan usaha kamu tidak berjalan lancar.

Terakhir adalah analisa ancaman. Kamu juga harus teliti memperhatikan kemungkinan yang dapat mengancam keberlangsungan usaha kamu. Ini adalah langkah-langkah untuk menentukan antisipasi dengan berbagai kemungkinan. Maka kamu dapat menjaga keberlangsungan usaha kamu dengan baik.

Demikian adalah beberapa langka dan informasi tentang peluang usaha. Berbagai usha tentunya dapat kamu pilih dan salah satunya adalah peluang usaha kecil yang menguntungkan

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-