Published On: Sun, Oct 2nd, 2016

Pelajari 4 Kuadran Cara Mencari Uang Untuk Era Persaingan Bebas Ini

Pelajari 4 kuadran cara mencari  untuk mengamankan kondisi keuangan kamu, tidak peduli kamu kaya atau . Apakah kamu masih bangga-banggaan memiliki uang hanya dari bekerja rendahan tanpa ada pikiran untuk mengamankan kondisi keuangan kamu ketika mengalami PHK? Kamu bukan hidup di zaman dahulu yang bebas santai-santai. Sekarang zaman, era persaingan bebas sehingga menuntut untuk bisa memiliki kemampuan bersaing, tidak peduli kelas kecil atau besar.

Sekarang, era informasi, jauh lebih mudah dalam mencari uang. Ada berbagai cara mencari uang yang diinformasikan lewat internet. Namun jangan salah, persaingan dalam mencari uang pun semakin kuat sehingga mencari uang yang terkesan mudah, berubah menjadi sulit. Belum lagi berbagai godaan, kebodohan, manipulasi informasi bisa menjatuhkan diri dalam kebangkrutan atau ketidakberdayaan dalam keuangan.

Banyak pakar pendidikan keuangan menyarankan untuk tidak berfokus dalam menguasai tentang ketenagakerjaan atau hanya dalam kewirausahaan. Ada 4 kuadran penghasilan yang perlu dipelajari dengan baik. Setidaknya cukup 2 kuadran penghasil keuangan. Hal ini semata-mata bukan sebagai cara mencari uang sebanyak-banyaknya melainkan untuk pertahanan keuangan.

1. Kuadran Penghasilan Kerja

Munculnya berbagai variasi sekolah jurusan atau disebut SMK adalah sebagai bentuk persiapan bekerja di tempat tertentu untuk mencari uang. Walaupun ada isu-isu yang berhembus bahwa lulusan SMK tidak bisa bersaing dengan lulusan SMA, namun faktanya bahwa skill untuk bekerja memang penting. Bagaimana jadinya bila tidak ada lulusan perhotelan, kuliner, penerbangan, wisata dan sebagainya? Bisa mundur ke belakang dalam hal skill kerja.

2. Kuadran Penghasilan Kerja Mandiri

Ketika hanya mengandalkan lembaga atau perusahaan sebagai tempat mencari uang gaji lewat bekerja, tentu akan dihadapi berbagai pesaingan pekerjaan dengan orang lain. Ketika tidak memiliki keterampilan bekerja mandiri, otomatis akan sulit untuk mencari penghasilan. Faktanya, orang yang kalah dalam persaingan kerja akan beralih menjadi pekerja mandiri atau pengusaha. Bila faktanya seperti itu, bukankah jauh lebih baik bila mempersiapkan sejak dini untuk membangun skill dan jiwa pekerja mandiri profesional agar jauh lebih bisa dalam mencari uang standar mapan.

3. Kuadran Penghasilan Bisnis

Bisnis atau usaha adalah cara mencari uang yang cukup efektif membangun kekayaan dengan waktu kerja yang tidak terlalu banyak. Bila kamu ingin kaya, mempelajari kuadran ini adalah hal yang wajib. Memang tidak penting dipelajari bila kamu tidak ingin menempuh jalur mencari uang lewat kuadran ini. Namun bila kamu ingin kaya, pelajari kuadran ini.

Terpenting mempelajari skill bisnis adalah untuk melihat bagaimana skill persiapan kerja yang harus dipelajari dan kepentingannya untuk membangun bisnis. Ini berkaitan dengan ilmu keterampilan alias ilmu skill yang artinya ilmu siap praktis. Banyak orang merasa bingung dalam membangun bisnis hanya karena tidak memiliki skill kerja. Andai saja paham pemprograman, misalnya, maka bisa membuka usaha jasa jejaring sosial seperti Facebook.

4. Kuadran Penghasilan Investasi

Bagi yang ingin hidup sampai masa tua dengan kondisi keuangan yang mapan bahkan kaya, maka mempelajari dunia investasi memang penting. Pelajari bagaimana kegiatan investasi kamu bisa menghasilan uang tanpa perlu keterlibatan kamu. Kamu harus paham, bahwa berinvestasi di pasar saham bukan berarti adalah investor. Banyak pelaku investasi di bursa saham yang justru sebagai broker atau penjual.

Mempelajari investasi bukan tugasnya pengusaha saja tetapi juga tugasnya manusia yang ingin hidup mapan di masa tua. Mengapa masa tua adalah tujuan melakukan investasi? Karena masa tua adalah masa dimana sudah tidak produkif dalam mencari uang. Menabung adalah salah satu contoh melakukan investasi walaupun ada banyak investasi yang jauh lebih baik seperti mengalihkan uang ke bentuk emas, properti dan sebagainya.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

 

About the Author

-