Published On: Sat, Nov 12th, 2016

Manfaat Suplemen Kesehatan yang Penting Diketahui

Suplemen kesehatan adalah sebuah racikan nutrisi yag diolah sesuai tujuan tertentu yang pada dasarnya sebagai tambahan . Suplemen yang kamu konsumsi hanya sekedar membantu bukan menggantikan. Walaupun kamu sudah mengkonsumsi makanan yang memenuhi ‘4 sehat 5 sempurna’, tetap saja ada kebutuhan vitamin atau mineral tertentu yang belum terpenuhi. Dengan suplemen, bisa memenuhi kekurangan yang ada.

Suplemen kesehatan biasanya berupa kablet, pil atau sirup. Terpenting adalah kemasan hasil olahan nutrisi bukan murni kemasan makanan cemilan atau minuman. Bila kamu mengkonsumsi pil yang diklaim suplemen, itulah suplemen. Bila kamu memakan atau meminim sesuatu yang diklaim mengandung nutrisi tertentu, itu bukan suplemen. Kecuali minuman yang diklaim sebagai racikan nutrisi, seperti minuman berenergi, maka itu dianggap suplemen.

Lebih Jauh Mengenai Suplemen

Ada dua jenis suplemen kesehatan yakni suplemen multivitamin dan suplemen non multivitamin non mineral atau disingkat (NVNM).

vitamintsKalau yang suplemen multivitamin, memang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang ditoleransi karena biasanya tidak mengandung hormon, obat-obatan, maupun herbal. Multivitamin murni untuk menambahkan kekurangan nutrisi karena belum tercukupi bila hanya mengandalkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Sedangkan suplemen NVNM lebih kepada jenis olahan makanan tertentu yang dijadikan suplemen untuk kebutuhan yang spesifik. Contoh suplemen NVNM adalah pil teh hijau, minyak ikan, probiotik atau prebiotik, dan sebagainya.

Manfaat Suplemen

Suplemen memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang tidak didapatkan pada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Rata-rata orang dalam memenuhi vitamin dan mineral memang kurang bila hanya mengandalkan asupan makanan. Hal ini karena konsumsi makanan yang komplit yang cenderung merepotkan sehingga tidak terpenuhi semua. Maka suplemen mengganti hal yang kurang.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa sebagian suplemen bermanfaat untuk membantu kesehatan secara umum. Bahkan bisa membantu dalam penyembuhan atas penyakit tertentu bila secara rutin mengkonsumsi suplemen. Contohnya seperti suplemen ini:

1. Minyak ikan bisa mengurangi risiko kardiovaskular.
2. Chicken essence berpotensi meredakan kelelahan fisik.
3. Suplemen kedelai membantu mengobati hiperkolesterolemia.
4. Probiotik salah satunya untuk mengobati gangguan pencernaan.
5. Suplemen dari jahe salah satunya untuk meredakan mual dan muntah.

Manfaat suplemen multivitamin tentu bergantung apa yang dikandungnya dengan dosis yang benar. Maka dari itu, memeriksa kode legalitas ke BPOM dengan cara lewat websitenya bisa mencegah mendapati produk yang tidak sesuai standar keamanan. Terpenting lagi adalah memilih suplemen yang 100% untuk kebutuhan harian karena tujuannya adalah melengkapi vitamin atau mineral yang belum terkonsumsi dari asupan makanan.

Pahami Sebelum Mengkonsumsi Suplemen

Pahami bagaimana kamu menyikapi suplemen sebagai kebutuhan harian agar tidak mengalami gangguan kesehatan berikutnya:

1. Bukan Untuk Pengganti Makanan

Suplemen kesehatan bukan pengganti makanan melainkan membantu memenuhi nutrisi yang belum didapatkan oleh makanan yang dikonsumsi. Kebutuhan suplemen kesehatan pun bila ada aktifitas yang meningkat atau berat dari biasanya seperti menyusui, mengurus anak dan bepergian jauh keliling dunia dan sebagainya.

2. Baca Aturannya

Produk yang legal, terdaftar dalam BPOM, biasanya memberikan aturan konsumsi yang memang sesuai standarnya. Sudah diteliti sedemikian rupa sehingga menghasilkan aturan pakai. Bila seperti itu, jangan melebihi jumlah konsumsi yang sudah diatur. Lebih baik kurang, daripada berlebihan.

3. Bukan Untuk Mengobati

Suplemen kesehatan biasanya membantu dalam proses penyembuhan. Namun kalau dialihfungsikan untuk pengobatan atas penyakit tertentu, tentu salah. Ada penanganan khusus dengan obat tertentu bila sudah timbul penyakit sehingga tidak cocok bahkan salah bila menggunakan suplemen. Apalagi bila penyakit tergolong berat seperti kanker, tentu benar-benar membutuhkan obat-obatan spesifik dan bimbingan dokter.

4. Jangan Tertipu Suplemen Alami

Jangan melihat murah atau alami lantas mengabaikan kandungannya. Suplemen kesehatan biasanya berupa pil yang sudah diolah dengan berbagai bahan kimia. Kondisi seseorang memungkinkan untuk tidak mengkonsumsi suplemen tertentu walaupun kandungan yang dimiliki memang dibutuhkan. Cara terbaik adalah bertanya pada dokter bila memiliki riwayat penyakit yang tergolong berat.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-