Published On: Sat, Oct 22nd, 2016

Kamu Kena Sakit Maag ? Hindari Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung

Seperti kita ketahui bersama salah satu dari alat pencernaan manusia yaitu lambung. Lambung ini memiliki fungsi sebagai tempat dimana bisa di cerna dan juga digunakan sebagai tempat untuk penyerapan sari-sari makanan.
Biasanya untuk penyakit yang selalu menyerang organ yang satu ini yaitu penyakit asam lambung atau maag. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung menuju esophagus, sehingga hal tersebut tentu akan menyebabkan rasa nyeri dan adanya rasa terbakar pada wilayah dada.

7-hindari-makanan-yang-menyebabkan-asam-lambungMunculnya rasa nyeri yang hebat tersebut dikarenakan adanya pola hidup yang tidak sehat seperti halnya dengan mengkonsumsi makanan yang pedas, sehingga untuk kadar asam di dalam lambung tersebut akan tinggi serta akan dapat menyebabkan rasa yang sakit berat, maka dari itu pada kesempatan kali ini Porisradio.com akan berbagai informasi untuk kamu mengenai makanan yang harus di hindari oleh penderita asam lambung. Diantaranya yaitu:

1. Makanan Yang Memiliki Kandungan Banyak Gas
Nah untuk makanan yang memiliki kandungan gas yang banyak ini memang sangatlah tidak boleh untuk lambung kamu. Hal ini dikarenakan untuk penderita asam lambung jikalau mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak gas akan dapat menjadikan asam yang ada di dalam lambung menjadi naik. Biasanya makanan yang memiliki banyak kandungan gas yang tinggi yaitu sawi, kol dan nangka

2. Makanan Rasa Pedas
Untuk makanan yang mempunyai rasa yang pedas tentunya juga akan dapat membuat lambung kamu menjadi iritasi. Contohnya yaitu seperti cabai, saos cabai, saos tomat, saus panas, serta makanan yang memiliki kandungan merica berlebihan.

3. Makanan Yang Berminyak Dan Berlemak
Makanan yang berminyak dan juga berlemak ini juga akan menjadi lebih mudah untuk mengiritasi lambung, hal tersebut tentunya juga sangat tidak dianjurkan untuk para penderita asam lambung. Makanan yang berminyak dan berlemak yang tidak boleh kamu konsumsi yaitu: gorengan, jeroan hewan, sayur tumis.

4. Makanan Asam
Selanjutnya untuk makanan yang memiliki kandungan acid reflux yang biasanya akan meningkatkan kadar asam lambung yang ada di dalam perut. Untuk makanan yang asam ini juga bisa memicu adanya refluks asam dan juga dapat memperburuk untuk sakit maag. Untuk makanan asam yang tidak boleh kamu konsumsi yaitu: cuka, asinan, acar dan buah asam.
5. Buah-Buahan Tertentu
Untuk buah yang memiliki jenis tertentu tentunya tidak boleh untuk kamu konsumsi untuk penderita maag. Buah yang tidak boleh dikonsumsi tersebut dikarenakan mengandung keasaman yang cukup tinggi, diantaranya yaitu: belimbing wuluh, nanas, belimbing, kedondong, mangga muda.
6. Makanan Yang Memiliki Kandungan Alkohol
Untuk selanjutnya makanan yang tidak boleh kamu konsumsi yaitu makanan yang mempunyai kandungan alcohol yang tentunya juga memiliki gas yang banyak dan dapat mempercepat asam lambung bisa menjadi naik. Untuk makanan yang mengandung alcohol ini yaitu merupakan makanan yang melalui proses dari fermentasi. Diantaranya yaitu: tape singkong, tape ketan, manisan buah dan manisan sayur.
7. Makanan Yang Keras Dan Sulit Untuk Dicerna
Perlu kamu ketahui bahwa makanan yang memiliki tekstur yang keras ini dapat melukai lambung dan juga bisa membuat asam lambung menjadi naik. Makanan tekstur yang keras tentunya tidak boleh untuk dikonsumsi contohnya yaitu seperti: talas, dodol, beras ketan, daging merah, roti putih, pasta, jagung dan mie.
8. Minuman Pantangan Asam Lambung
Selain makanan maka minuman juga ada yang harus di hindari. Minuman yang harus kamu hindari dari penderita asam lambung yaitu karena bisa membuat lambung yang bereaksi dan teriritasi yaitu : kopi, soda, alkohol, minuman berenergi, semua minuman dalam kaleng dan botol.
Nah Sobat itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa berbahaya untuk lambung kamu bila kamu terkena gejala sakit asam lambung atau sakit maag. Semoga bermanfaat.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-