Published On: Sun, Nov 20th, 2016

Cara Merawat Laptop Supaya Tahan dan Awet

Berbicara mengenai cara merawat pasti semua orang berbedabeda. Akan tetapi apakah kamu tahu jika sebenarnya untuk cara merawat yang baik dan benar pastinya membutuhkan yang namanya biasanya tambahan yang lebih. Nah kemudian karena laptop juga sebagai salah satu barang Elektronik, maka laptop juga akan mudah untuk rusak jika tidak kamu rawat dengan baik.
Beberapa cara bisa kamu temukan supaya bisa merawat laptop lebih awet diantaranya yaitu:

1. Merawat Mulai dari Baterainya

Jangan pernah kamu sesekali untuk mencabut baterai pada saat laptop kamu sedang menyala. Jika kamu mencabut baterai laptop masih menyala maka di khawatirkan akan menyerang motherboard. Ada baiknya jika kamu matikan terlebih dahulu laptopnya, kemudian cabut.
Kemudian juga jangan lupa untuk upgrade Baterai kamu dengan berkala, jika sudah memasuki masa Uzur. Maka Jangan sobat paksakan terus-terusan untuk memakai baterai tersebut.
Kemudian untuk kamu yang menggunakan Laptop versi 2011 keatas maka lebih baik untuk sobat yang menggunakan versi tersebut supaya tetap tercolok sewaktu menggunakannya, karena yang model 2011 keatas ini bisa memutuskan arus secara otomatis pada saat baterai lowbat.

merawat-laptop2. Pakailah Laptop Yang Sewajarnya

Dalam menggunakan laptop maka janganlah paksakan laptop yang kamu miliki tersebut untuk menjalankan suatu aplikasi yang tidak mampu untuk di angkat. Contohnya kamu punya laptop dengan menggunakan spek rendah kemudian kamu paksakan untuk membuka game yang berat seperti Pro Evolution Soccer 2013 dsb. Maka ini akan dapat bermasalah biasanya yaitu pada Prosessor, RAM dan VGA.
3. Batasi Untuk Pemakaian Laptop

Untuk bermain laptop yang ideal yaitu paling lama sekitar 5 jam, setelah itu maka matikanlah laptop kamu supaya dapat beristrirahat dan selanjutnya mendinginkan prosessor serta yang lain. Jangan kamu gunakan untuk laptop dalam waktu yang full 1×24 jam.

4. Usahakan Jangan kena Abu

Biasanya untuk abu ini akan sangat akan mudah masuk melewati keyboard laptop, maka dari itu cobalah untuk kamu menggunakan Keyboard Protector untuk dapat mencegah hal tersebut. Apakah kamu tahu efek samping kalau laptop kamu tersebut penuh dengan abu? Pada saat kamu sedang memainkan laptop dan kemudian ternyata sangat cepat panas jika dibandingkan dengan yang biasanya, dan tiba-tiba untuk laptopnya akan mati sendiri, itulah yang bisa di sebut dengan Overheat. Bisa kamu pastikan itu merupakan pengaruh dari abu yang masuk secara berlebih ke bagian dalam laptop kamu.

5. Usahakan Jangan kena Cairan

Kemudian kamu usahakan pula Keyboard jangan sampai basah, contohnya yaitu terkena Kopi, air putih atau dengan jenis minuman yang lainnya. Ini ditakutkan akan bisa terjadi korslet.

6. Usahakan Pakai Pendingin

Pakailah Pendingin pada Laptop, contohnya yaitu seperti Coolpad yang ditaruh pada bawah laptop. Ini berguna untuk meminimalisir panas yang berlebih pada Prosessor. Yang kalau terjadi panas berlebih akan dapat mudah hang.
Nah sobat bisa kamu lihat beberapa hal tersebut yang tentunya itu sangat membantu sobat untuk merawat Laptop yang kamu miliki. Perawatan tentunya akan membuat Laptop yang kamu miliki bisa menjadi tahan lama bisa digunakan.
Kerusakan memang biasanya tidaklah terduga akan tetapi dengan memperhatikan beberapa hal yang ada diatas pastinya akan membuat kamu lebih berhati-hati dengan berbagai hal yang mengancam laptop kamu.
Demikian informasi yang dapat Porisradio.com sampaikan mengenai cara merawat laptop supaya tahan dan awet. Semoga bermanfaat untuk kamu semuanya.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-