Published On: Sat, Jan 7th, 2017

Bagaimana Merawat Smartphone Android ? Inilah 5 Hal Terlarang yang Harus Kamu Hindari

Hal terlarang yang harus dihindari para pengguna <strong>smartphone Androidstrong> adalah salah satu bentuk perawatan bahkan menjadi hal wajib untuk dilakukan. Bila melanggar, bisa jadi akan menimbulkan kerusakan atau paling tidak kinerja Android bisa terganggu. Perawatan smartphone bukan hanya pada lapisan luar, melainkan lapisan dalam dengan cara melakukan hal yang benar dalam penggunaannya.

Sekedar pembahasan pembukaan pada smartphone Android. Apakah kamu tidak menyadari bahwa tangan kotor kamu sudah mengotori body smartphone? Banyak kuman berserakan. Hatihati, bertahun-tahun ponsel pintar terkena sentuhan tangan-tangan kotor bahkan hal lainnya tanpa pernah dicuci bersih. Gangguan kesehatan bisa muncul dari sini. Hal terbaik adalah pakai pembersih yang biasa untuk mencuci tangan tanpa air. Pakai pelindung layar agar yang dibersihkan dengan tisu campur pembersih hanya di bagian pelindungnya.

Pembahasan di atas adalah hal penting yang harus dipikirkan seputar body smartphone Android yakni “dilarang malas membersihkan” body ponsel pintar. Kalau ragu, lebih baik tangan kamu yang dibersihkan sebelum menyentuh.

hqdefault-131

Berikutnya adalah pembahasan untuk sistem Android-nya.

  1. Terlalu Sering Restart Android

Restart ibaratnya seperti kamu kembali pulang ke rumah setelah berjalan jauh untuk kembali berjalan jauh lagi. Bila berulang-ulang dalam melakukan restart, seperti halnya orang berjalan yang diulang-ulang terus. Bagaimana bila terus-menerus mengulang perjalanan dari awal? Capek kan? Begitu juga pada smartphone Android, akan mengalami kekacauan atau eror sistem. Hatihati karena bisa jadi lupa akan hal ini. Memori yang tersimpan dan juga data cache temporer juga akan ikut terhapus karena merasa tidak diperlukan lagi.

  1. Mendownload Aplikasi dari Sumber Tak Jelas

Keistimewaan smartphone Android adalah dimanjakan dengan berbagai aplikasi, apalagi muncul Google Play yang menghadirkan berbagai aplikasi dengan berbagai jenis. Artinya smartphone tersebut bisa menikmati berbagai aplikasi sesuai kebutuhan si pengguna. Namun, hal tersebut membuat si pengguna ponsel pintar ini lupa daratan mengenai sumber aplikasi yang didownloadnya. Atas dasar rasa penasaran sampai mendownload aplikasi diluar Google Play yang belum dipastikan keamanannya. Bila sampai dilakukan, bisa jadi akan mendownload sebuah aplikasi yang berisi software jahat. Hal ini karena format file .APK Android mudah dimanipulasi sehingga bisa menghadirkan software jahat.

Pilihlah sumber resmi dan jelas sebuah aplikasi yakni Google Play Store.

  1. Malas Update Aplikasi/ Software

Lebih penting mana antara malas dengan segera update aplikasi/software dalam smartphone Android? Rasa malas hanya beberapa detik bisa diatasi dengan yang lain. Namun bila sampai rasa malas mengakibatkan smartphone kamu menjadi bermasalah, tentunya akan lebih membuat repot dan lebih malas. Untuk itu, bila mendapati pemberitaan untuk melakukan update pada aplikasi atau software, lakukanlah segera. Hanya beberapa detik untuk mengurus, bisa jalan sendiri yang bertujuan untuk mengamankan Android itu sendiri.

  1. Menggunakan Lebih Dari Satu Antivirus

Antivirus cenderung aktif sepanjang waktu di backgroud smartphone seperti halnya pada PC. Kecuali smartphone dimatikan, maka matilah layanan antivirus untuk sementara. Bila memiliki satu antivirus, mungkin hal ini masih dimaklumi karena hanya memakan RAM dan baterai smartphone yang tidak terlalu banyak. Namun bila sampai lebih dari satu, justru bisa memperlambat kinerja smartphone dan juga menguras banyak daya baterai-nya. Kecuali RAM dan daya baterai smartphone kamu besar, bisa memakai lebih dari satu antivirus.

  1. Menggunakan Task Killer

Jangan menggunakan task killer atau menutup aplikasi secara manual karena bisa mengganggu kinerja Android bahkan dalam status membahayakan. Mengapa demikian? Karena membuat data aplikasi yang sudah ada sebelumnya di dalam RAM bisa menjadi hilang. Bila hilang maka akan mengganggu sistem Android. Bisa menggunakan task killer bila untuk kepentingan mendesak seperti baterai sudah melemah yang mengharuskan untuk menutup secara manual. Namun ini pun jangan terlalu sering

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2017

About the Author

-