Published On: Tue, Dec 6th, 2016

Antara Resep Masakan Soto Betawi dengan Soto Bandung

Indonesia memang tidak terhitung banyaknya. Hanya persoalan soto saja, berbagai variasi dari berbagai daerah hadir untuk menggoda lidah kamu bergoyang menikmati legitnya daging soto.

Bagaimana bila keseluruhan resep kuno dan kontemporer disatukan? Hm… tidak terbayang, bagaimana buku harus dicetak berapa halaman.

Soto sendiri memiliki berbagai variasi nama sebutan dari berbagai daerah penghasil soto yakni sroto, sauto, tauto, atau coto. Lalu kata soto sendiri berasal dari daerah mana? Entah lah, yang jelas, soto seperti sudah menjadi kata baku bahasa Indonesia. Namun menurut buku Nusa Jawa, soto itu berasal dari kata Caudo, bahasa Cina. Karena soto sendiri perbaduan kuliner cina dan nusantara yang pertama kali populer di wilayah Semarang.

Apa sih yang dinamakan soto? Wikipedia sendiri tidak menjelaskan banyak hal seputar soto. Hanya menjelaskan bahwa soto seperti halnya sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Lalu apa bedanya dengan sop itu sendiri? Kemungkinan adalah terletak pada pemberian merica. Sop lebih ke pemberian merica sebagai pelengkap. Tetapi tidak juga, karena ada soto yang diberikan merica. Kemungkinan lebih ke variasi sayuran dan irisan dagingnya. Kalau sop, cenderung cair dan juga tidak ada irisan tipis daging. Kalau soto, lebih banyak pemberian isi dan variasi bumbu sehingga cenderung kental. Daging soto juga diiris tipis-tipis sehingga berbeda dengan sop.

soto-bandung_optSoto Tiap Daerah Menurut Wikipedia

Masing-masing bisa saja berbeda sajian resep masakan sotonya walaupun tentu ada hal yang sama, seperti daging-dagingannya.Berikut adalah ulasan beberapa soto daerah yang juga memiliki ciri khas pada resep masakan sotonya:

1. Soto Betawi
2. Soto Bandung
3. Soto Jepara
4. Soto Kudus
5. Soto Semarang
6. Soto Padang
7. Soto Madura
8. Soto Kediri
9. Soto Medan
10. Soto Banjar
11. Soto Ambengan
12. Sroto Sokaraja
13. Sauto Tegal
14. Tauto Pekalongan
15. Coto Makassar
16. Soto Bumbu
17. Soto Kemiri

Banyak bukan variasi sotonya? Bila seperti itu, tentu resep masakan yang dihadirkan pun berbeda-beda walaupun tidak 100% berbeda.

sotobetawi_opt

Antara Resep Masakan Soto Betawi dengan Soto Bandung

Terlalu banyak bila membahas semua soto yang tersebar di seluruh Indonesia.Maka dari itu memfokuskan hanya pada perbandingan resep masakan soto Betawi dan juga soto Bandung berdasarkan sumber dari situs resep yang belum dikatakan resmi atau asli sebuah resep asal kedua derah tersebut. Paling tidak, bisa mengetahui persamaan dan perbedaan resep. Berikut penjelasannya.

1. Persamaan Resep Soto

Pada dasarnya, setiap resep masakan yang satu ini ada titik persamaannya. Di sini sudah menyusun sedemikian rupa mengenai persamannya yakni: garam, gula, batang sereh, daging sapi, bawang merah goreng, minyak goreng buat menumis, bawang putih, jahe dan air.

Tentunya adalah berbedaan menjadi ciri khas sebuah resep masakan masing-masing daerah, salah satunya hidangan soto ini.

2. Perbedaan dan Ciri Khas Soto Betawi dan Bandung

Soto Betawi memiliki resep yang lebih komplit daripada soto Bandung. Hal ini karena memakai bumbu kuning dari kunyit sehingga harus menghadirkan banyak bahan untuk menyamarkan rasa kunyit. Bahan-bahan yang berbeda adalah: jeruk, buah tomat, lengkuas, jeruk nipis, daun bawang, telur rebus, kentang rebus, santan kelapa, kunyit, kemiri dan bawang merah.

Resep untuk soto Bandung memang tidak terlalu banyak variasi perbedaannya. Namun menariknya adalah memiliki kaldu sapi yang tentunya rasa kuah soto jauh lebih gurih, antara daging dan kuah bisa menyatu dalam kesamaan rasa. Bahan-bahan yang berbeda adalah: lobak, kaldu sapi, merica bubuk, daun seledri, kacang kedelai putih goreng, sambal dari cabe rawit merah.

COPYRIGHT © Poris RADIO 2016

About the Author

-