Published On: Fri, Oct 28th, 2016

9 Tips Main Game Yang Sehat Untuk Kamu

Kegiatan main game harus didefinisikan sebagai permainan. Kalau kamu mendefiniskan permainan sebagai hiburan, tentu seharusnya game bisa membuat dan pikiran kamu sehat. Ya, setidaknya kamu merasakan keasyikan dalam mainan game tanpa harus terbebani dengan keharusan bermain. Bila ada rasa keharusan bermain, ketidaknyamanan bila tidak bermain, berarti kamu sudah menempuh jalan yang salah dalam permainan game.

Seharusnya kegiatan main game bisa membuat pikiran, tubuh dan jiwa kamu sehat. Harusnya seperti itu. Maka dari itu memang membutuhkan tips atau langkah bermain yang memenuhi standar sehat. Olahraga memang menyehatkan namun bila berlebihan justru akan mengalami gangguan otot. Sehingga unsur normal, tidak berlebihan harus ada dalam setiap permainan.

Berikut tips main game yang sehat yang bisa kamu lakukan dengan kedisiplinan:

kecanduan-game-online1. Batasi Waktu Main Game

Kegiatan main game harus di waktu yang bukan dikhususkan untuk belajar karena tidak ada judulnya belajar sambil bermain. Kamu bisa mengatur waktu kapan saja namun harus pada waktu yang memang cocok untuk kegiatan main game.

Jangan melakukan kegiatan main game tiada akhir karena tidak bisa dianggap menyehatkan bahkan game bisa menimbulkan kecanduan akut. Kegiatan tersebut membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Hal ini pun berlaku pada kegiatan olahraga yang tiada akhir yang berdampak pada gangguan kesehatan. Lagi pula, tidak ada batasan dalam ber-game ria adalah tingkah yang konyol.

Sayangi tubuh kamu. Mata, punggung, tangan dan anggota tubuh lainnya memiliki hak untuk melakukan aktifitas yang lain yang jauh lebih bermanfaat. Untuk itu, memang harus bisa membatasi waktu dalam kegiatan main game.

2. Hindari Game Sulit yang Memancing Emosi

Menghindari kegiatan main game yang bikin emosi kamu naik. Tanda bahwa kamu belum siap untuk memainkan game yang satu ini. Namun sayangnya, rata-rata permainan game yang masih baru, masih dicoba dimainkan bisa bikin emosi. Hal ini wajar. Terpenting adalah cara memainkannya tidak perlu memaksakan diri bila mengalami berkali-kali dalam kegagalan. Bermain dengan santai tidak membuat emosi terpancing, justru semakin menikmati permainan dengan segudang tantangan dan kegagalan. Seharusnya, bermain game adalah untuk melatih ketahanan, pengontrolan emosi, sesulit apapun jenis game.

3. Mainkan Game yang Mengasah Otak

Mengutamakan game yang mengandung tantangan dan pemikiran. Hal ini bermanfaat untuk melatih mengontrol emosi dan pemikiran. Apakah game Pokemon Go termasuk game yang bisa mengasah otak? Bukan sepertinya. Game Pokemon Go lebih kepada game tantangan untuk melatih emosi. Pada intinya adalah memilih game yang memiliki strategi dalam permainan.

4. Ajak Orang Lain Main Bersama

Game PS membuat kamu bisa mengajak teman dalam kegiatan main game. Berbeda kalau kamu hanya bermain lewat ponsel, tidak bisa mengajak teman bermain game. Namun bila memilih game Pokemon Go, setidaknya kamu bisa mengadakan pertemuan untuk berpetualang bersama walaupun setelah itu bekerja sendiri-sendiri.

Inti dari mengajak teman bermain adalah untuk tetap menanamkan sisi sosial sehingga masih ada rasa empati sesama manusia.

5. Jangan Hamburkan Uang

Tidak bisa dipungkiri, main game bisa berpotensi menghamburkan uang. Hal ini bila kamu mengandalkan game online atau PS4. Di samping membutuhkan permainan game terbaru, juga membutuhkan kuota internet yang tidak murah. Hal terbaik adalah tetap dalam permainan yang tidak membutuhkan koneksi internet walaupun bisa dianggap jadul. Namun game offline lebih bisa dalam menghemat uang. Keuntungan menggunakan game offline yang menggunakan media tv atau PS3, jauh lebih bisa dalam mengamankan barang elektronik dari kerusakan. Kerusakan paling sering di PS3 adalah pada tombol permainan di PS3 atau biasa disebut stik.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-