Published On: Mon, Oct 10th, 2016

5 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Diminati

khas jawa mungkin adalah yang paling populer, mengingat suatu daerah yang memang seakan menjadi sentral Indonesia. Dianggap populer bukan berarti makanan yang dianggap paling enak, melainkan jumlah variasinya yang banyak dikenal masyarakat. Dalam hal ini pun, masakan khas jawa tengah masuk dalam bagian yang menambah variasinya. Walau demikian, dalam segi di pasaran bisnis, mungkin makanan jawa masih belum bisa bersaing dengan baik dengan makanan khas daerah luar jawa.

Ada banyak variasi makanan khas jawa tengah yang bisa untuk kamu jelajahi dan nikmati. Namun ada beberapa yang akan disebutkan disini sebagai makanan yang paling laris atau paling diminati masyarakat khususnya masyarakat jawa. Apa saja makanannya yang paling diminati masyarakat?

1. Tempe Mendoan

Makanan khas jawa tengah yang satu ini berasal dari Banyumas, daerah yang terkenal dengan wisata alam Baturaden.

Apa sih yang dimaksud tempe mendoan? Tempe mendan adalah tempe goreng tepung, kalau mau dijelaskan secara sederhana. Ciri khas dari tempe mendoan adalah terbuat dari tempe yang dibungkus tipis-melebar dengan daun pisang per lembarnya. Biasanya pembuatan tempe cenderung tebal. Namun khusus tempe mendoan, tempe dicetak tipis-tipis agar tidak perlu menyisir. Ciri khas lainnya adalah digoreng dengan tepung campur kuning kunyit sehingga akan terlihat menyala dan menggoda selera.

2. Telur Asin

Pernah ke Brebes? Jangan lupa untuk membeli dan merasakan makanan khas jawa tengah yang satu ini. Siapa sih yang tidak kenal telur asin? Kamu pun suka kan? Rasa telur asin lebih terasa gurih, mungkin karena ada campuran asin garam sehingga gurih. Namun bila kamu beli telur asin, harus hatihati. Tidak semua penjual telur asin benar-benar menjual telur asin. Memang sulit untuk membedakan. Lebih baik membeli telur asin yang sudah dipercaya dengan telur asinnya. Ingat ya, telur asin itu rasanya asin walaupun tidak terlalu asin.

3. Sroto Purbalingga

Sroto atau sebutan yang lainnya adalah soto. Kalimat soto dianggap lebih familiar daripada sroto walaupun sebenarnya tidak ada bedanya. Apa sih yang dimaksud sroto? Apa bedanya soto-soto yang tersebar di jagat nusantara ini seperti soto betawi dan sebagainya? Lalu apa bedanya dengan empal gentong khas Cirebon. Paling tidak, sebuah masyarakat sudah mengklaim bahwa yang di maksud makanan khas jawa tengahyang satu ini adalah dianggap soto atau sroto. Tentunya, perbedaan sedikit dari soto atau sroto bisa menjadi ciri khas masakan suatu daerah. Khas sroto Purbalingga sendiri adalah berisikan kacang tanah dan kerupuk putih. Karena ada dua ciri khas tersebut, sehingga disebut juga sroto kriyik karena kalau dimakan berbunyi kriyik-kriyik.

4. Tahu Susu

Boyolali adalah daerah penghasil susu sapi, mengingat banyak peternak sapi. Hal ini pun memunculkan kreasi dalam makanan khas jawa tengah yaitu tahu. Pada umumnya tahu terbuat dari kedelai. Berbeda dengan tahu dari Boyolali yang terbuat dari susu sapi yang masih kental. Namun secara kesehatan, jauh lebih baik tahu yang terbuat dari susu, mengingat klaim berbahaya ada pada tahu kedelai (non fermentasi) bila dikonsumsi secara rutin setiap hari.

5. Tahu Petis

Sudah pernah merasakan gurihnya makanan khas jawa tengah yang satu ini? Tahu petis, merupakan makanan gorengan tahu khas dengan disertai bumbu colek petis. Petis sendiri terbuat dari bahan dasar udang. Makanan ini termasuk makanan yang diminati banyak orang.

Konon, di Cirebon juga ada makanan tahu petis dan dianggap makanan hasil daerah tersebut. Entah, sebenarnya asal tahu petis darimana? Namun apapun klaim ciri khasnya, namun makanan petis bagian dari kuliner Nusantara yang perlu untuk dilestarikan.

COPYRIGHT © PORIS RADIO 2016

About the Author

-